Saturday, December 24, 2016

Hasil Pertandingan: Juventus 1-1 AC Milan (Pen. 3-4)

Kegagalan Mandzukic dan Dybala dalam mengeksekusi penalti m
embuat Juventus harus merelakan gelar Supercoppa Italiana jatuh ke genggaman Milan.


AC Milan sukses meraih trofi pertama di era Vincenzo Montella setelah sukses menaklukkan Juventus melalui adu penalti 4-3 di Supercoppa Italiana yang berlangsung di Jassim Bin Hamad Stadium, Qatar, Jumat (23/12) malam WIB.

Gebrakan langsung dilancarkan Juventus sejak awal pertandingan dimulai. Laga baru berjalan delapan menit, Gianluigi Donnarumma langsung berjibaku mengamankan gawang Milan dengan menepis tembakan terukur Mario Mandzukic.

Milan yang mencoba untuk mengimbangi tekanan awal Juventus justru harus terlebih dahulu kecolongan. Melalui skema sepak pojok, Miralem Pjanic mengirimkan umpan lengkungan indah yang disambut tandukan tajam Giorgio Chiellini pada menit ke-18.

Mampu unggul membuat Juventus kembali cenderung melanjutkan dominasi permainan. Hanya saja momentum positif mereka terganggu dengan cederanya Alex Sandro pada menit ke-33, yang harus ditarik keluar untuk digantikan oleh Patrice Evra.

Upaya Milan yang mencari gol balasan datang lima menit berselang. Berawal dari aksi Suso yang menerobos pertahanan Juventus, Giacomo Bonaventura sukses menuntaskan umpan matang sang gelandang muda untuk menaklukkan Gianluigi Buffon. Skor 1-1 pun menutup laga babak pertama.

Di awal paruh kedua, Suso terus menghadirkan kerepotan bagi pertahanan Juventus sama seperti di babak pertama. Seakan mengetahui kelemahan Juventus di sisi sayap, mantan penggawa Liverpool itu beberapa kali menusuk dan salah satunya pada menit ke-58 meski umpannya gagal dimaksimalkan Alessio Romagnoli.

Juventus berusaha mengimbangi tren permainan Milan yang terus menanjak dengan memasukkan Paulo Dybala pada menit ke-67. Hadirnya sang bintang muda Argentina mampu meningkatkan intensitas serangan Juventus, salah satunya peluang pada menit ke-76 yang memaksa Donnarumma berjibaku.

Memasuki sepuluh menit akhir, laga semakin menarik. Menit ke-84, Buffon sukses mementahkan peluang matang sundulan Bacca. Lagi-lagi momen bagus Milan tersebut diciptakan oleh kreasi Suso, yang konsisten menghadirkan ancaman. Milan terus menekan di sisa waktu, tapi hingga peluit akhir skor tetap sama.

BABAK TAMBAHAN

Buffon kembali menunjukkan aksi cekatannya dalam membendung serangan Milan tiga menit babak tambahan baru dimulai. Kiper veteran Juventus itu berhasil mementahkan aksi Bonaventura yang menyambar umpan Suso. Bola pantulan mengarah kepada Carlos Bacca, tapi sang striker tak sigap.

Setiap serangan Milan yang diinisiasi oleh Suso selalu menghadirkan bahaya bagi Juventus. Pasukan Massimiliano Allegri perlahan mencoba untuk kembali meningkatkan tekanan, namun tak mendapatkan momentum sebelum Milan memasukkan dua pemain pengganti sekaligus, Gianluca Lapadula dan Luca Antonelli.

Jual beli serangan terus berlanjut di paruh pertama babak tambahan, hanya saja hingga 15 menit berlalu keduanya belum mampu mengubah keadaan. Mengawali paruh kedua pun Milan tampak tak mengendurkan gelombang serangan mereka.

Juventus sempat mendapatkan gol pada menit ke-111 melalui eksekusi Evra dari sudut sempit, akan tetapi tak ada selebrasi mengingat gol tersebut dianulir wasit karena off-side. Perlahan sang kampiun Serie A mulai kembali menemukan ritme permainan mereka.

Tiga menit jelang menuju babak adu penalti, Dybala punya kans menjadi pahlawan kemenangan Juventus apabila memanfaatkan umpan Evra dengan tenang, namun justru hasilnya melambung tinggi. Babak tambahan pun selesai dengan kedudukan tetap 1-1 bagi kedua tim.

ADU PENALTI

Juventus sempat di atas angin saat memulai drama adu penalti ketika Claudio Marchisio sukses menunaikan tugasnya, sementara Gianluca Lapadula yang menjadi ekseutor pertama Milan bisa diantisipasi Buffon.

Namun situasi berbalik kala ekeskusi Mario Mandzukic menerpa mistar. Setelah itu kedua tim bergantian memasukkan bola, Milan melalui Bonaventura, Jurac Kucka dan Suso. Di lain sisi Khedira dan Gonzalo Higuain juga tak menemui kendala.

Dybala yang menjadi eksekutor keempat Juventus secara mengejutkan gagal ketika tembakan kaki kirinya ditepis Donnarumma. Pemain pinjaman asal Chelsea, Mario Pasalic menjadi penentu kemenangan Milan dalam meraih trofi pertama musim ini.

0 comments:

Post a Comment