Friday, December 23, 2016

Gol Penalti di Injury Time Selamatkan Napoli dari Kekalahan


Firenze - Napoli hanya mengantongi satu angka setelah bermain imbang 3-3 di markas Fiorentina. Gol penalti di menit-menit akhir pertandingan menyelamatkan Napoli.

Bertanding di Artemio Franchi, Jumat (23/12/2016) dinihari WIB, Napoli mendominasi babak pertama. Lorenzo Insigne menjadi pembeda setelah membuka keunggulan tim tamu di pertengahan babak.

Perlawanan Fiorentina setelah restart. Federico Bernardeschi mencetak sepasang gol untuk berbalik memimpin, yang kemudian diseimbangkan Dries Mertens.

Memasuki 10 menit terakhir, Fiorentina memimpin lagi lewat gol Mauro Zarate. Akan tetapi, gol penalti Manolo Gabbiadini di akhir waktu tambahan memaksakan hasil seri.

Dengan satu tambahan angka ini, Napoli tetap di peringkat ketiga dengan 35 poin, tertinggal tiga poin dari AS Roma di atasnya dan tujuh poin dari Juventus yang masih punya satu laga sisa. Sedangkan Fiorentina turun ke urutan sembilan usai mengumpulkan 27 poin.


Jalannya Pertandingan

Lorenzo Insigne membobol gawang Fiorentina di menit 24. Di luar kotak penalti, Insigne bergerak dari sisi kiri sebelum melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang di sudut atas gawang yang membawa Napoli memimpin 1-0.

Dries Mertens menambah keunggulan Napoli beberapa saat kemudian. Namun, golnya dianulir karena dianggap telah berdiri di posisi offside, kala menceploskan bola rebound hasil tembakan Piotr Zielinski.

Napoli kembali menekan Fiorentina, namun serangan yang dimotori Marek Hamsik bisa diredam Tatarusanu yang buru-buru meninggalkan sarangnya untuk melakukan intersepsi.

Kontroversi terjadi menjelang turun minum. Nikola Kalinic lolos dari perangkap offside dan diving saat kiper Napoli Pepe Reina berlari menuju ke arahnya. Kalinic bukannya mendapat kartu kuning kedua, justru Reina yang dikartu kuning karena protes.

Babak kedua pertandingan berjalan lebih seru. Hanya lima menit setelah kickoff, Federico Bernardeschi menyamakan skor menjadi 1-1. Dari tembakan bebas, bola membentur pagar hidup Napoli lalu berbelok sehingga Reina jatuh ke arah yang salah.

Di menit 68, Mertens mengembalikan kepemimpinan Napoli 2-1. Lolos dari adangan Nedad Tomovic, Mertens masuk ke kotak penalti dan dari sisi kiri melepaskan tembakan akurat ke tiang jauh dalam sudut sempit.

Namun, kedudukan itu hanya bertahan semenit. Bernardeschi melakukan aksi individu hingga ke dekat kotak penalti sebelum melakukan penyelesaian dengan tembakan yang menyentuh tanah lebih dulu baru masuk ke gawang Napoli. Skor kini 2-2.

Fiorentina di ambang kemenangan setelah Mauro Zarate mengemas gol ketiga di menit 82. Bernardeschi mengirim umpan lambung lalu diteruskan Zarate dengan tendangan first time dari pinggir kotak yang membawa Fiorentina unggul unguk pertama kalinya.

Vecino melakukan pelanggaran yang tidak perlu di injury time sehingga wasit menunjuk titik putih. Manolo Gabbiadini mengarah ke tiang kanan gawang yang bisa ditelak Tatarusanu, namun bola bergulir terlalu cepat sehingga masuk ke gawang. Skor 3-3 tidak berubah sampai laga berakhir.

0 comments:

Post a Comment